Bappeda Minta Lahan Pertanian Dirawat

0
19
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kubu Raya, Yusran Anizam. (net)

KubuRayaOnline.com – Pemerintah Kubu Raya terus meningkatkan perekonomian masyarakat. Diawali peningkatan berdasarkan potensi daerah yang ada. Terutama pembangunan berbasis kawasan serta menunjukan berbagai produk unggulan masing-masing desa.

“Program meningkatkan perekonomian sudah berjalan sekian lama. Lahan pertanian di Kubu Raya sekitar 80.000 hektare dan sampai saat ini masih berjalan. Bahkan, tahun ini kita tindak lanjut berdasarkan RTRW untuk pertanian. Seperti padi di daerah Sungai Kakap,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kubu Raya, Yusran Anizam, Rabu (11/4).

Menurutnya, yang sudah ditetapkan RTRW-nya terutama lahan pertanian, sehingga tidak boleh digarap untuk dimanfaatkan dengan yang lainnya.

“Kawal dengan penataan ruang. Apakah itu digunakan untuk bangunan, perkebunan dan lain sebagainya. Hal itu tetap disesuaikan dengan aturan-aturan pusat,” jelasnya.

Yusran menambahkan, total 80 ribu hektare lahan pertanian di Kubu Raya yang tersebar di sembilan kecamatan. Namun yang paling luar di Kecamatan Sungai Kakap.

“Makanya kita harus mengetahui mana yang lahan pertanian, kawasan hutan dan mana kawasan perkebunan. Kalau lahan pertanian berubah menjadi perumahan mestinya ada sanksi,” tegasnya.

Agar tidak disalahgunakan, Yusran berharap pemerintah desa agar melakukan pendataan lahan di desanya masing-masing. Hal itu penting supaya bisa mengetahui lahan pertanian.

“Jangan mudah mengeluarkan izin. Pertanian di Kubu Raya harus ditingkatkan. Karena hal tersebut akan membantu mensejahterakan masyarakat terutama tingkatkan sektor pertanian,” harapnya.

Tak hanya itu, Yusran menambahkan, Bappeda juga memiliki peran pembinaan terhadap desa. Terutama membantu desa dalam melakukan perencanaan program pembangunan, sehingga DD yang dikucurkan bisa diserap dengan tepat sasaran.

Laporan: Achmad
Editor: Anton

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here