Camat Harus Lebih Aktif Bina Desa

0
29
Sekda Kubu Raya Oedang Didepan Tumpukan Berkas. (Surif-KRO)

KubuRayaOnline.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Oedang Prasetiyo meminta para camat yang ada di kabupaten Kubu Raya untuk lebih aktif melakukan pembinaan terhadap Desa, Rabu (6/12) siang di ruangan Rapat Bupati Kubu Raya usai evaluasi dan rapat koordinasi dengan seluruh camat dan SKPD.

Dalam rapat koordinasi tersebut terdapat beberapa hal yang menjadi sorotan sekda. Seperti persiapan agenda Pilkades serentak yang bakal diikuti 19 Desa, penyerapan Dana Desa, penyerapan anggaran kecamatan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang ada ditingkat kecamatan.

Khusus suksesi pilkades serentak, dia pun meminta agar kecamatan terkait benar-benar melakukan pendampingan kepada desa-desa secara rutin dalam mempersiapkan tahapannya. “Peran camat lah yang melakukan pembinaan itu,” pintanya.

Begitu pula dengan penyerapan ADD. Dia juga meminta agar para camat dapat memastikan serapan Dana Desa berjalan dengan baik sesuai aturan. “Ya, kita minta agar peran camat sebagai pembina Desa dapat dilakukan secata intens. Supaya beban Desa tidak terlalu berat,” katanya.

Soal serapan anggaran kecamatan, Sekda menuturkan sampai saat ini rata-rata anggaran itu sudah direalisasikan sekitar 85 persen. Sementara kata dia arahan bupati bahwa minilan sampai akhir Desember, anggaran kecamatan terserap sampai 90 persen. “Dan masih ada waktu sekitar 15 hari ini, tolong beberapa item kegiatan yang belum selesai, harap diselesaikan,” pintanya.

Sementara Camat Terentang Sarino mentarakan, terkait pertemuan yang dilakukan bersama pemerintah daerah, evaluasi, terutama penggunaan dana desa dan anggaran dana desa yang berada di kawasan kecamatan masing-masing. “Kalau ada beberapa desa tidak mengerti penggunaan dana desa, kami langsung melakukan pendampingan, baik membuat perdes maupun dalam penggunaan anggaran,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Sarino, banyak hal yang harus ditindaklanjuti oleh semua SKPD, termasuk camat, terutama serapan anggaran. “Hampir semua anggaran di setiap Kecamatan masih banyak yang belum terserap. Namun tidak terlalu signifikan. Insya Allah anggaran yang ada di Kecamatan, pertengahan bulan terseraf semua,” harapanya.

Laporan: Surif
Editor: Riandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here