Dana Alokasi Khusus Pendidikan Terealisasi 100 persen

0
35
Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya, Frans Randus. (net)

KubuRayaOnline.com – Di tahun 2017, Kabupaten Kubu Raya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan sebesar Rp19,8 Miliar. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus menyebutkan dana tersebut digunakan untuk pembangunan fisik sekolah.

“Alhamdullilah semuanya terealisasi 100 persen per Oktober. Artinya tidak ada kegiatan yang menggunakan DAK ini tidak dilaksanakan. Semua dilaksanakan,” katanya.

Seyogyanya kata Frans DAK Pendidikan untuk Kubu Raya sebesar Rp21 miliar yang digunakan untuk pemenuhan buku. Namun karena belum ditransfer ke daerah maka tidak dimasukan.

“Khusus DAK Non Fisik untuk buku ini tidak bisa dilaksanakan karena adanya perubahan regulasi dari pusat, sehingga pemerintah pusat pun tidak mentransfernya,” ungkapnya.

Disebutkan Frans, DAK Fisik sebesar Rp19,8 miliar digunakan antara lain untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), rehab sekolah dan laboratorium untuk SMP.

“Semuanya sudah dilaksanakan untuk peningkatan mutu pendidikan di Kubu Raya,” ujarnya.

Saat ini sekolah tingkat SD di Kubu Raya berjumlah 368 sekolah terdiri dari 323 SD Negeri dan 45 SD Swasta. Dengan total jumlah murid 55.745 siswa.

Dan jumlah guru sebanyak 3.640 orang terdiri dari guru PNS sebanyak 2.588, GTY 259 orang, GTT berjumlah 20 orang dan Guru Honor sebanyak 773.

Sementara untuk tingkat SMP berjumlah 145 terdiri dari 86 berstatus SMP Negeri dan 59 berstatus swasta. Dengan jumlah murid sebanyak 22.089 siswa. Jumlah guru sebanyak 1.603 terdiri dari guru PNS, GTY, GTT dan Honorer.

Laporan: Surif
Editor: Riandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here