Kemenag Bantah UN MI dan MTs Merosot

0
20
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kubu Raya, Ja'far didampingi Kasi Pendidikan Islam, Agus Safwan memberikan klarifikasi terkait tudingan Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik. Terkait merosotnya nilai UN MI dan MTs sebagai penyumbang anjloknya nilai UN di Kubu Raya.

KubuRayaOnline.com – Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Islam, Kantor Kementerian Agama Kubu Raya, Agus Safwan menyesalkan tudingan Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik. Terkait merosotnya nilai Ujian Nasional (UN) Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai penyumbang anjloknya nilai UN di Kubu Raya.

“Pihak-pihak yang berbicara demikian tak memiliki data dan asal bicara saja. Saya sampaikan dulu, kalau MTs (Kubu Raya) Ujian Nasional tahun lalu peringkat empat se-Kalbar. Kemudian, MI juga peringkatnya tidak pernah jauh melorot. Jadi, dari mana dikatakan Madrasah Ibtidaiyah penyumbang nilai anjlok UN. Itu data dari mana. Orang itu bicaranya hanya mengira-ngira,” tegas Agus Safwan.

Menurutnya, pernyataan sepihak Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik yang menyebutkan MI dan MTs sebagai penyumbang anjloknya nilai UN telah mendapat reaksi penolakan keras dari pihak sekolah madrasah.

“Kawan-kawan di Madrasah terus terang tergerak menolak pernyataan itu. Karena hal ini merupakan penggiringan opini. Kita menyesalkan pernyataan tersebut,” tuturnya.

Mestinya, Agus Safwan berpendapat, segala kekurangan yang terjadi di Madrasah menjadi tanggungjawab bersama untuk dibenahi. Bukan malah menyudutkan apalagi seolah menjatuhkan.

“Kita sama-sama mengelola pendidikan. Kita bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa. Artinya, bagus atau tidak itu merupakan tanggungjawab bersama. Janganlah kita saling menyalahkan,” sesalnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kubu Raya, Ja’far mengatakan, sekolah Madrasah merupakan model asli ciri khas pendidikan di Indonesia. “Sebab itu, Madrasah tak boleh dikerdilkan. Apalagi dikotak-kotakan,” tegasnya.

Menurutnya, membangun sekolah Madrasah bukan hanya tanggungjawab Kementerian Agama saja. Tetapi, semua pihak harus saling membantu membesarkan sekolah Madrasah.

“Kita sama-sama mendidik anak-anak bangsa ini. Jadi, ayo kita sama-sama membangun sekolah Madrasah yang ada di Kubu Raya,” harapnya.

Laporan: Achmad
Editor: Anton

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here