Proyek Pembangunan RSUD Kubu Raya Segera Dilelang

Akhir Tahun Ditargetkan Sudah Beroperasi

0
28
Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya dr Berli Hamdani

KubuRayaOnline.com – Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, dr Berli Hamdani mengungkapkan, saat ini pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya sudah memasuki proses lelang perencanaan.

“Dalam waktu dekat kita akan lelang fisiknya,” ujar dr Berli Hamdani, Jumat (6/4).

Berli menargetkan, Juni mendatang pemenang lelang pembangunan fisik RSUD Kubu Raya sudah terpilih, sehingga proses pembangunan bisa segera dilaksanakan. “Mudah-mudahan (pembangunan fisik) secepatnya,” harapnya.

Menurutnya, RSUD Kubu Raya nantinya bertipe D pratama, sehingga kapasitasnya mampu menampung 50 tempat tidur rawat inap pasien. Sedangkan rumah sakit yang bertipe D pratama ini sejatinya hanya diwajibkan memiliki satu dokter spesialis saja. Meskipun demikian, nantinya direncanakan akan disiapkan empat tenaga dokter spesialis.

“Kita sudah punya dokter spesialis anak, spesialis kebidanan, spesialis penyakit dalam serta spesialis bedah. Jadi, minimal empat dokter spesialis ini nantinya yang akan kita berikan di Rumah Sakit Kubu Raya,” ulasnya.

Meski bangunan RSUD Kubu Raya hanya bertipe D Pratama, Berli menambahkan, tetapi pelayanannya akan disetarakan dengan rumah sakit tipe D. “Mudah-mudahan tahun ini rumah sakit kita sudah bisa beroperasi,” harapnya.

Sekadar diketahui bahwa anggaran pembangunan RSUD Kubu Raya mencapai Rp38 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2018.

Sedangkan lokasi pembangunan RSUD Kubu Raya direncanakan dibangun di Kecamatan Rasau Jaya, tepatnya di daerah Pelabuhan Digdoyo. Luas lahan yang telah dipersiapkan Pemerintah Kubu Raya seluas 6,4 hektare.

“Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali meyakini bahwa lokasi rumah sakit yang berada di daerah Pelabuhan Digdoyo Rasau Jaya sangat strategis. Karena bisa diakses masyarakat melalui jalur air dan darat terutama daerah Kubater,” ulasnya.

Laporan: Achmad
Editor: Anton

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here