UNBK Hari Pertama Gagal di SMA Daya Pelita Menjalin

0
25
Ilustrasi-net

KubuRayaOnline.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Daya Pelita Menjalin gagal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dihari pertama,Senin (09/4) dengan Mata pelajaran bahasa Indonesia karena kendala teknis jaringan internet.

Kepala Sekolah SMA Swasta Daya Pelita Menjalin, Sujoko mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala fasilitas untuk pelaksanaan UNBK.

“Sekolah sudah siap melaksanakan UNBK, satu malam sebelum pelaksanaan ujian panitia dengan proktor melakukan uji coba peralatan komputer dan jaringan baik apa boleh buat tak diduga pas hari pelaksanaan UNBK tiba-tiba jaringan internet kami bermasalah sehingga ujian tidak bisa dilaksanakan,” ujar Joko.

Proktor UNBK SMA Swasta Daya Pelita Menjalin, Yusak Antonio Talangah mengaku melakukan sinkron sesuai prosedur seperti pada saat mengikuti pelatihan.

“Saya lakukan sinkron peralatan dan jaringan sesuai prosedur malam Senin saya uji coba tidak ada kendala dan siap dioperasikan giliran mau ujian pukul 06.45 WIB tiba-tiba tampil perintah dimonitor membaharui aplikasi CBT,” tutur Yusak

Ia menerangkan babwa tidak ada pilihan lain harus memperbarui aplikasi.

“Dimonitor hanya ada dua pilihan perbaharui dan cencel, tampilan yang bisa dipilih hanya memperbarui cencel tidak aktif lalu terus saya coba memperbaharui sesuai prosedur sistem tapi tidak berhasil,” terang Yusak

Karena proktor sudah melakukan pembaruan aplikasi sesuai prosedur bahkan mengikuti petunjuk helpdesk UNBK provinsi Kalimantan Barat tapi tidak berhasil akhirnya pembaruan diambil kendali oleh helpdesk tapi juga tidak berhasil.

“Saya melihat langsung korsur terus jalan dikendalikan oleh helpdesk UNBK Provinsi karena kami memberikan sandi server awalnya saya berharap bisa sukses tapi ternyata sama dengan yang dilakukan proktor saya pembaruan lama bahkan sampai malam pukul 21.00 WIB baru selesai diinstal,” ucap Joko, Selasa (10/4).

Peserta UNBK SMA Swasta Daya Pelita, Denawati memgaku kecewa karena mereka menunggu sampai malam tapi upaya yang dilakukan pun baru bisa sudah malam hari.

“Kami menunggu sampai Pukul 20.00 WIB untuk bisa ujian tapi tetap juga tidak bisa akhirnya kami pun pulang karena sudah malam kami tidak kecewa dengan sekolah karena sekolah sudah berusaha tapi jaringan internetnya kami lihag sendiri saat pembaruan lama sekali,” ujar Denawati

Helpdesk UNBK tahun 2018 Provinsi Kaliman Barat, Dipo Alam membenarkan kejadian kendala teknis jaringan internet yang dialami SMA Swasta Daya Pelita dan peserta akan ujian susulan sesuai jadwal.

“Kendala teknis jaringan internet kami akan sinkronkan lagi nanti supaya peserta ujian susulan tanggal 17,” terang Dipo Alam saat saya wawancatai via telpon (10/4).

Hari ini ujian UNBK berjalan normal tanpa kendala setelah helpdes melakukan pembaruan sistim jaringan internet.

Penulis: Iman Ceriawan Gulo
Editor: Rizki Mahardika

Sumber: suaralandak.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here