250 Pelajar SMP Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinanan

Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Foto bareng siswa smpa yang mengikuti LDK

KuburayaOnline.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya melalui bidang pembinaan pendidikan SMP menggelar latihan Dasar Kepemimpinan( LDK) tingkat SMP, Rabu(25/9) di gedung Graha Pramuka. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari yang di ikuti sebanyak 250 siswa/siswi se Kubu Raya.

“Pesertanya itu dari Ketua Osis dan pengurus Osis, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta,”ungkap Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Disdik Kubu Raya.

Firdaus mengatakan latihan tersebut diberikan untuk bekal kepemimpinan yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

“Terutama mampu menggerakan orang lain, baik secara perseorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi,”ucap Firdaus.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut juga melatih menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib, mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK dan masuk dalam kurikulum 2013 (K13). Dengan adanya kegiatan tersebut, bisa mendukung pembentukan kompetensi sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli.

“Juga sebagai penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Makanya pemerintah mempunyai harapan besar terhadap peran yang dapat dimainkan pendidikan kepramukaan dalam membentuk watak dan kepribadian anak bangsa,”katanya.

Tak hanya Kepemiminan dan Kepramukaan, lanjut Firdaus, tetapi pihaknya juga memberikan wawasan tentang unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang meupakan program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

“UKS merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat, yang pada gilirannya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal. Makanya kami harapkan dengan adik-adik siswa agar mengambil kesempatan ini dengan baik,”katanya.(Saf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here