Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pontianak dan Kubu Raya Rekayasa Lalin

Kasat Lantas Kubu Raya memimpin rekayasa atau penutupan jalan

KuburayaOnline.com– Antispasi penyebaran Covid-19, Kota Pontianak dan Kubu Raya melakukan uji coba penerapan aktivitas lalu lintas, untuk mengurangi aktivitas masyarakat diluar rumah. Beberapa ruas jalan dilakukan penutupan, kegiatan di pimpin langsung oleh Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin dengan melibatkan personel Polresta dan dibackup oleh Polda Kalbar, Jumat (1/5)

Kombes Pol Komarudin mengungkapkan bahwa dimulai malam ini Kamis 30 April 2020 sampai tiga hari kedepan akan melakukan uji coba dalam penerapan jam malam. Hal ini dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di Kota Pontianak.

“Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan dari kegiatan beberapa hari sebelumnya berupa patroli skala besar di seluruh Kota Pontianak untuk mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas diluar rumah. Dari hasil evaluasi beberapa hari sebelumnya, saat ini kita ambil langkah uji coba penerapan jam malam” kata Komarudin

Ia menjelaskan, bahwa langkah ini diambil menindaklanjuti situasi yang berkembang ditengah wabah Covid-19 khsusnya di Kota Pontianak yang semakin bertambah, dengan tingkat kesadaran dan kedisiplinan masyarakat yang masih rendah.

“Kita lakukan upaya atau tindakan yang lebih lagi selain sosialisasi dan imbauan yang selama ini diterapkan, dan hasil evaluasi dan analisa kita akan terapkan pemberlakuan jam malam” jelasnya

Komarudin menuturkan, ada pun ruas jalan Kota Pontianak yang akan dilakukan jam malam yaitu ruas jalan Ayani, Jalan Merdeka, Simpang Flamboyan, Simpang Garuda dan beberapa titik lainya.

“Pemberlakuan jam malam dari pukul 21.00 hinggal pukul 03.00” tambahnya

Ia pun terus mengajak masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19. Komarudin mengungkapkan bahwa yang menjadi penentu untuk mengakhiri wabah ini ialah kedisiplinan masyarakat.

Turut hadir dalam uji coba penerapan jam malam di kota Pontianak, Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Asep Akbar dan Direktur Pam Obvit Kombes Pol Widi Atmoko.

Sementara Polantas Polres Kubu Raya memberlakukan rekayasa lalu Lintas dengan melarang kendaraan mulai roda empat hingga ke atas melintasi Jl. Parit Mayor (Simpang empat Desa Kapur, Kubu Raya) hingga Jl. Tanjung Raya II Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

“Kendaraan roda empat ke atas yang mengarah ke Jalan Tanjung Raya bisa melewati Jalan Adi Sucipto – Jalan Imam Bonjol yang datang dari arah Jembatan Ambawang, kemudian Kendaraan yang datang dari arah Jembatan Kapuas 1 melintas di Jalan Ya. M. Saban,” kata Kasatlantas Polres Kubu Raya AKP Fauzan saat ditemui di Pos Lantas Desa Kapur, Kubu Raya, Jumat (01/05).

Ia menjelaskan, tindakan ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan Polresta Pontianak guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di sepanjang ruas jalan tersebut dengan mengurangi intensitas keluar masuk kendaraan.

“Pemberlakuan Rekayasa Lalulintas ini berlaku mulai Jumat (01/05/2020) sampai batas waktu yang belum ditentukan. Dengan diberlakukan Rekayasa arus jalan ini, masyarakat bisa mengurangi kegiatan keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan mendesak,” pungkasnya.(Saf)

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here