Aparatur Harus Cakap Kelola Aset

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam saat membuka Rapat pengelolaan Aset Daerah

Kuburayaonline.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam membuka Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Aset Daerah Kabupaten Kubu Raya di Hotel Gardenia Kubu Raya, Rabu (30/10). Bimtek digelar Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kubu Raya Kabupaten Kubu Raya. Yusran menjelaskan, pengelolaan barang milik daerah memiliki aturan dan siklus pengelolaan yang bersifat nasional. Mulai dari perencanaan, perolehan, pengelolaan, sampai penghapusan dan ganti rugi.

“Aset yang ditata dan dikelola dengan baik dapat menjadi potensi sebagai sumber pembiayaan pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintah daerah. Selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Namun, lanjut Yusran, jika tidak dikelola dengan benar, keberadaan aset justru menjadi beban biaya. Karena sebagian dari aset membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan.
“Aset nilainya juga bisa turun seiring perjalanan waktu,” imbuhnya.

Yusran menyebut aset merupakan salah satu unsur penting yang menjadi landasan penyusunan laporan keuangan daerah. Karena itu, pengelolaannya harus dilakukan dengan benar. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah daerah perlu menyiapkan kompetensi aparatur. Sehingga mampu mengelola aset sesuai aturan. Agar laporan keuangan dapat menuju pemerintahan yang baik.

“Perlu dukungan semua pihak untuk menunjang keberhasilan tata kelola barang milik daerah secara efektif, efisien, dan akuntabel,” sebutnya.

Yusran mengatakan, pengelolaan barang milik daerah selalu ada permasalahan. Hal itu dapat menimbulkan kerugian daerah. Seperti tidak efektif dan efisiennya pendayagunaan barang, penyaluran barang, dan persediaan barang. Bahkan hingga pada kemungkinan hilangnya barang pemerintah daerah.

“Karena itu, bimbingan teknis manajemen pengelolaan aset ini sangat penting dan strategis. Dalam rangka kita meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen pengelolaan aset daerah,” tuturnya. “Dengan begitu, diharapkan manajemen pengelolaan aset daerah Kabupaten Kubu Raya semakin baik,” tambahnya. (Achd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here