Asap Tebal dan Kurang Sehat, Kubu Raya Liburkan Sekolah

Kuburayaonline.com –  Berdasarkan hasil pantauan BMKG Pontianak hari Rabu tanggal 11 September 2019 pukul 10.00, kondisi cuaca dalam keadaan tidak sehat. Sehubungan hal tersebut, untuk menjadi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terkait peserta didik, SMP, SD/TK/ PAUD, pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengintruksikan pengelola untuk boleh meliburkan.

“Kami sudah membuat surat edaran, dari hari Kamis- Jumat, agar anak didik untuk belajar di rumah masing-masing sampai Sabtu tanggal 14 September dan masih menunggu informasi selanjutnya,”ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Rabu(11/9).

Muda menambahkan, jika kondisi cuaca masih belum berubah, pihaknya tetap membuat edaran terbaru untuk meliburkan kembali. “Tapi jika kondisinya membaik, tetap masuk seperti biasanya,”ungkapnya.
Disinggung mengenai Kahutla, Muda menambahkan, untuk Kahutla di Kubu Raya saat ini sangat berkurang. “Kita lihat, kalau menggunakan kendaraan, kalau ada yang jatuh benda atau bekas bakaran, kebakaran itu tidak jauh. Tapi yang kita lihat ini, kendaraan yang kita gunakan besih, tentu asap ini dari daerah lain,”katanya.

Sementara Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya Syf Mohammad Firdaus mengatakan, dengan melihak kondisi Koran sehat, pihaknya terus mejalankan perintah Bupati Kubu Raya untuk menyebarkan surat edaran untuk meliburkan sekolah.

“Aktivitas belajar semenata dilakukan di rumah sampat tanggal yang sudah ditentukan yakni tanggal 14. Jika hal ini masih berlanjut, kami akan kembali membuat surat edaran untuk meliburkan,”ucap Firdaus.

Dia mengingatkan, agar para siswa tidak melakukan aktivitas diluar rumah, karena melihat kondisi yang tidak memungkinkan. “Kalau mau beraktivitas di luar, jangan lupa menggunakan masker. Tapi kalau tak terlalu penting, lebih baik di rumah saja. Kami harap cuaca membaik atau turun hujan,supaya aktivitas belajar kembali normal,”harapanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan mengatakan, pihaknya terus mengingatkan dengan masyarakat, agar tidak banyak beraktivitas diluar, karena kondisi cuaca tidak sehat. “Cuacanya mengarah ke tidak baik. Makanya sebelum terjadi apa-apa atau kalau tidak terlalu penting, agar tidak banyak beraktivitas diluar,”katanya.
Dia juga mengingatkan, agar menggunakan masker dalam aktivias diluar. “Makanya kita harus mencega, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau anggka ISPa dan diare masih tidak terlalu tinggi. Mungkin masyarakat sudah tau untuk mengatasi asap ini. Tapi tetap waspada,”pintanya. (Srfn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here