BUMDes Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Desa

0
72
Ilustrasi-Net

KubuRayaOnline.com – Kubu Raya – Pemerintah terus melakukan berbagai inovasi dalam mendukung dan mendorong peningkatan ekonomi dan usaha desa, untuk mendorong percepatan pembangunan di Desa. Kemendes PDTT telah mengeluarkan Permendes Nomor 4 Tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa, yang memberikan payung hukum bagi Pemerintah Desa dalam mendirikan dan mengembangkan BUMDes di Desa masing-masing untuk mendorong peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa.

Dengan demikian, mendorong setiap Desa untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan, pemahaman dan pengertian dalam mengelola BUMDes sebagai badan usaha milik Desa, yang mana kehadirannya dimaksudkan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa tersebut.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan, Kepala Desa harus dapat terus meningkatkan pengetahuannya dalam mengelola BUMDes, dengan terus belajar sehingga membawa BUMDes mampu bersaing dan berkompetisi dalam dunia usaha.  Untuk itu, Rusman Ali meminta agar setiap kepala Desa dengan kreatif dan inovatif menggali setiap potensi yang ada di Desa.

“Kepala Desa harus mampu terus meningkatkan inovasi dan kreatifitasnya untuk membangun ekonomi masyarakat di Desanya. Membawa BUMDesnya mampu bersaing dengan dunia usaha yang terus berkembang. Banyak potensi di desa, yang apabila dikelola dengan baik akan mampu menopang perekonomian masyarakat di Desa,” terang Rusman Ali.

Rusman Ali mencontohkan Desa Sungai Kupah, yang telah mengelola kemasan air bersih melalui BUMDes. Air bersih dalam kemasan tersebut bahkan mampu bersaing dengan air bersih dalam kemasan lainnya di kalangan pasar di desanya. Hal itu, menunjukkan bila dikelola dengan baik, akan mampu mengangkat dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa.

Hal tersebut disampaikan Rusman Ali kepada kepala Desa dari 118 Desa di Kubu Raya, dalam pembukaan Bimtek Pengelolaan Bumdes di Kubu Raya. Bimtek dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah Desa dalam pengelolaan BUMDes sebagai pilar ekonomi Desa.

 

Laporan: Achmad
Editor: Arifin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here