Calon Bupati Kubu Raya Sudah Bermunculan

karikatur Pilkada Kubu Raya

Kubu Raya Online– Meski kegiatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kubu Raya akan digelar pada pertengahan 2018 mendatang, namun nama-nama yang dikabarkan akan maju pada pesta demokrasi, kini sudah mulai bermunculan. Bahkan, beberapa tokoh juga sudah mulai bergerak mengambil hati masyarakat, sehingga ramai diperbincangkan masyarakat.

Prediksi dan berhasrat bertarung dalam Pilkada Kubu Raya 2018, diantaranya, Petahanan H Rusman Ali, Werry Syahrial, Mansur, KH Hanafi, Frans Randus, Sujiwo,  dan  Muda Mahendrawan. Selain beberapa nama tokoh di atas, ada beberapa nama  diprediksi yang belum melakukan sosialisasi secara terang-terangan. Namun sudah santer dikabarkan berminat untuk bertarung dalam Pilkada memperebutkan kursi KR 1 dan KR 2

Namun beberapa kandidat sudah ada mendeklarasikan pasangan calon Bupati dan Wakilnya. Hingga saat ini yang mencalonkan diri menjadi bakal calon Bupati Kubu, yakni Muda Mahendra berpasangan dengan Sujiwo. Sedangkan yang lain, Mansur, Werry Sahrial dan pertahanan yang masih aktif H Rusman Ali masih penjajakan untuk mencari pasangan calon.

Calon yang sudah mendeklarasikan dirinya sebagai Bupati dan wakil Bupati, yakni Muda Mahendra yang berpasangan dengan Sijiwo. Sementara beberapa calon lainya, masih menjajaki untuk menentukan pasangannya. Meskipun masih lama, kandidat Bakal Calon (Balon) sudah mulai melakukan berbagai persiapan, mulai dari memasang baleho serta mencari pasangan yang cocok untuk maju pada Pilkada mendatang.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali yang merupakan pertanan mengatakan, sudah mendapatkan 5 calon yang telah diusulkan menjadi pasangan pada Pilkada 2018, baik berorang maupun melalui Partai. Namun dirinya belum mau menyebutkan dan menentukan siapa orangnya. “Saya ingin berkoordinasi terlebih dahulu kepada partai politik yang mengusungnya dan  akan mempertimbangkan calon pasangannya jika sudah mendapatkan rekomendasi dari partai pengusung,”ungkapnya.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali juga tidak merasa terkejut dengan majunya mantan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, karena menurut Rusman Ali siapapun berhak untuk maju, baik melalui partai maupun melalui perseorangan (Independen). “Yang calon tersebut menyampaikan programnya, Visi dan Misinya dan jangan sampai saling menjelekkan apakan lagi saling menjatuhkan,”katanya.

Menurut Rusman Ali, siapapun yang maju nantinya pada Pilkada serentak, tentunya mereka ingin menciptakan Kubu Raya yang lebiih baik lagi dari sebelumnya. Pada tahun 2018 medatang ada beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Barat yang akan menggelar Pilkada serentak diantaranya Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kota Pontianak, Kabupaten Sekadau dan Pemilihan Gubernur Kalbar. “Saat ini kami lebih fokus menyelesaikan program,”katanya.

Hal tersebut juga dikatakan mantan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya priode pertama Sujiwo mengakui, pentas demokrasi di daerah ini memang masih panjang, namun dalam perjalanannya masyarakat Kubu Raya di beberapa tempat menginginkan dan meminta serta mendaulat pasangan Muda Mahendrawan dan dirinya untuk maju pada Pilkada nanti.

“Pertemuannya dengan Bupati pertama Kubu Raya Muda Mahendrawan merupakan murni dari keingingan masyarakat,”ungkapnya.

Menurut Sujiwo, ketika masyarakat dengan segala keikhlasan untuk memanggil dirinya dan Muda Mahendrawan untuk berpasangan dan maju untuk menyelamatkan dan memperbaiki Kubu Raya, tentunya Sujiwo dengan keikhlasan akan siap untuk mengabdi kepada masyarakat.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya priode pertama ini menjelaskan, dengan munculnya pasangan Muda Mahendrawan dengan dirinya yang akan maju pada Pilkada mendatang, ada salah satu partai yaitu Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memberikan dukungannya kepada pasangan ini.

Dimana Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kalimantan Barat Syarif Abdullah menginginkan Sujiwo maju berpasangan dengan Muda Mahendrawan. Selain itu  Partai Nasdem juga telah memberikan apresiasi yang telah memberikan dukungan kepada dirinya dan Muda Mahendrawan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang baik melalui partai maupun independen.

Sementara calon Bupati lain Mansur mengatakan, dirinya siap maju sebagai calon Bupati Kubu Raya priode 2018-2023. Dengan berbagai persiapan yang telah melakukan, terutama mendekatkan diri terhadap masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka mensosiaisasi dirinya dan memperkenalkan terhadap masyarakat yang ada di seluruh Kubu Raya tanpa kecualai.

“Kami lakukan dimulai dari jauh-jauh hari, salah satunya bersilaturrahmi dengan banyak masyarakat dan banyak kalangan di sembilan Kecamatan se Kubu Raya serta mengadakan kegiatan yang besifat sosial,”ungkapnya.

Ia menambahkan, maju sebagai salah satu kandidiat di pilkada Kubu Raya, banyak yang mendukung, terutama di kalangan Muda. “Alhamdulilah kita banyak di dukung masyarakat, karena mereka beranggapan dengan luasnya daerah kabupaten Kubu Raya perlu ada generasi muda untuk berpartisipasi secara serius di lungkungan eksekutif,”katanya.

Disinggung terkait pendekatan terhadap Partai, Mansur menambahkan untuk kalangan partai  politik, pihaknya terus melakukan jalinan komunikasi intensif, agar dapat mengusung nantinya di pilkada Kuhu Raya 2018. “Pendekatan yang kita lakukan baru sebatas menjalin komunikasi, agar dalam mengusung kita di pilkada 2018 bisa seiring sejalan,”harapanya.

Penulis:Surif

Editor:Arifin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here