Dukung Kebijakan Liburkan Sekolah Terdampak Karhutla

0
74
Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya, Frans Randus. (net)

KubuRayaOnline.com – Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya, Frans Randus mendukung kebijakan yang dilakukan oleh pihak sekolah meliburkan siswa yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kebijakan seperti itu bersifat insidentil dan situasional. Jadi wajar saja kalau sekolah mengambil kebijakan meliburkannya,” ujar Frans Randus, Rabu (14/2).

Menurutnya, apalagi dasarnya merupakan fakta kejadian di lapangan. Yakni, sekolah dikepung asap akibat terjadi karhutla. Kebijakan tersebut tentu untuk menyelamatkan siswa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kecuali membuat alasan yang dibuat-buat dan tidak logis. Dan asalkan sekolah itu lapor ke dinas. Untuk mencegah opini-opini negatif yang belum mengetahui masalah sebenarnya,” ulasnya.

Dalam kesempatan itu, Frans Randus menegaskan, hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan secarik surat imbauan atau keputusan untuk meliburkan sekolah.

“Kita hanya mengimbau kepada sekolah-sekolah yang rentan terdampak asap akibat karhutla. Untuk waspada serta dapat berperan serta ikut mencegah terjadinya kebakaran,” tuturnya.

Frans mencontohkan, agar pihak sekolah mengingatkan kepada siswa untuk tidak membakar sampah sembarangan serta menjaga lingkungan sekolah dengan baik. “Karena dunia pendidikan juga memiliki peran besar untuk membantu pencegahan terjadinya karhutla,” ujarnya.

Laporan: Anton
Editor: Riandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here