Fakultas Syariah IAIN Pontianak Gelar Fasya Berbagi

Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) menggelar Fasya Berbagi

KuburayaOnline.com– Meringankan beban masyarakat yang terdampak covid-19, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN)  menggelar Fasya Berbagi,  Senin(18/5) kemarin di dua tempat Kecamatan Rasau Jaya dan Kakap.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Indahnya berbagi kepada sesama, membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 di bulan Ramadhan”.

“Sumbangan yang diberikan kemasyarakat itu berupa uang dan sembako berasal dari dosen, mahasiswa dan masyarakat,”ungkap Gusti Muhammad Fakhrurrazi Ketua Umum Sema Fasya IAIN Pontianak.

Gusti mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan  ORMAWA FASYA, diantaranya Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI), Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah, Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dan Khatulistiwa Law Students Association (KHALSA).

“Pembagian sembako ini diserahkan untuk 4 Dusun di Desa Rasau Jaya 1. Karena jarak setiap Dusun tidak dekat, maka Mahasiswa Fakultas Syariah membagi 4 tim untuk setiap 1 Dusun agar tidak banyak memakan waktu,”Gusti.

Sementara Sukidi salah satu kepala dusun Rasau Jaya I mengatakan adanya Fakultas Syariah berbagi ini, sangat membantu warga yang terdampak covid-19.

“Terutama orang yang sudah sangat tua, sudah pikun dan sulit mendengar juga mendapatkan bantuan. Bahkan mereka  biasanya sangat sulit untuk makan. Sedangkan mereka yang dibantu itu, tidak mendapatkan BLT (Bantuan Langsung Tunai),”ungkapnya.

Dia menambahkan, denga kebaikan para donatur dan mahasiswa Fakultas Syariah dibalas Allah, terutama dilancarkan rizkinya.

Sementara Dudik Wahyono Kepala Dusun Cendrawasih Desa Parit Keladi Sui kakap sangat mengapresaiasi  adanya Fakultas Syariah berbagi, karena sangat membantu masyarakat  yang di didesa, baik orang yang sudah tua, tidak memiliki pekerjaan, para buruh tani dan yang terdampak COVID-19 serta yang tidak dapat bantuan dari desa karena tidak adanya KK.

“ kegiatan fakultas syariah berbagi sangat membantu sekali, semoga kebaikan para donatur dan mahasiswa Fakultas Syariah dibalas oleh Allah SWT dan menjadi mahasiswa sukses” Ucap  Dudik Wahyono Kepala Dusun.

WADEK I Fakultas Syariah, Rasiam, MA pembagian donasi tersebut, dilakukan mahasiswa semester 6, terutama yang  ikut dalam kegiatan Fakultas Syariah Berbagi ini akan diusulkan ke LP2M IAIN Pontianak, agar terkonversi sebagai Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

“Fakultas Syariah sudah tepat sasaran, terutama dalam membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, karena mereka telah melakukan survey langsung ke setiap dusun yang ada, sehingga terdapat kriteria kemiskinan  yang dijadikan tolak ukur dalam 2 minggu sebelum pembagian sembako,”kata Rasiam.(Saf)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here