Gala Desa Program Kemenpora di Kubu Raya

0
102
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus didampingi SKPD diabadikan bersama Forkopimda di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (1/10).
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus didampingi SKPD diabadikan bersama Forkopimda di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (1/10).

KubuRayaOnline.com – Pemerintah Kubu Raya akan menggelar program Gala Desa Kabupaten Kubu Raya 2018. Program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan untuk Gerakan Nasional Ayo Olahraga ini rencananya akan dilaksanakan di Desa Radak 1, Kecamatan Terentang pada 28 Oktober hingga 3 November mendatang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina mengatakan, di Kalbar hanya ada tiga kabupaten yang mendapatkan program tersebut. Yakni, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang. Selain bertujuan memasyarakatkan olahraga, Gala Desa juga bertujuan mendapatkan bibit-bibit unggul atlet olahraga dari desa.

“Beberapa bulan lalu kita berhasil mendapatkan program ini. Bapak Presiden menekankan untuk mencari bibit unggul atlet olahraga yang berasal dari desa,” ujar Cicilia di sela sosialisasi program Gala Desa di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (1/10).

Menurutnya, Gala Desa akan digelar serentak di 34 provinsi, tepatnya di 816 desa/kelurahan. Yang dipertandingkan adalah cabang-cabang olahraga potensial di desa/kelurahan setempat. Gala Desa akan diikuti seluruh lapisan masyarakat di desa/kelurahan. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum.

“Untuk Gala Desa di Kabupaten Kubu Raya akan dipertandingkan empat cabang olahraga. Yakni, sepakbola, voli, atletik dan tenis meja,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menyambut baik penetapan Kabupaten Kubu Raya bersama Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang sebagai pelaksana program Gala Desa di Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Wabup mengapresiasi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kubu Raya yang telah menginisiasi, sehingga program tersebut dapat terlaksana di Kubu Raya. Apalagi program Gala Desa memiliki sejumlah tujuan positif.

“Selain mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar, Gala Desa juga menjadi sarana menjalin persaudaraan dan menumbuhkembangkan karakter yang baik. Dan tentunya bagaimana ini menjadi ajang yang bisa menggali potensi dan bibit olahragawan yang potensial di Kubu Raya,” harapnya.

Menurutnya, Kabupaten Kubu Raya telah beberapa kali menghasilkan insan muda berprestasi. Termasuk dari kalangan olahragawan. Karena itu, ia menilai pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak keliru dalam menunjuk Kubu Raya sebagai pelaksana program Gala Desa di Kalbar bersama Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang.

“Karena ini merupakan sebuah program dari kementerian yang dipercayakan kepada kita. Tentu menjadi tugas dan komitmen kita bersama untuk dapat menyukseskannya,” timpalnya.

Sementara itu, terkait upaya menyukseskan program Gala Desa, Wabup berharap seluruh aparatur kecamatan hingga kepala desa agar aktif menyosialisasikan program tersebut ke warganya.

Selain itu, Wabup mengingatkan panitia pelaksana untuk nantinya menyiapkan pelaporan yang baik. Sebagai bentuk pertanggungjawaban dan akuntabilitas atas program yang telah dipercayakan pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“Program Gala Desa wajib didukung bersama. Terutama para kepala desa untuk dapat mengirim para atlet pada cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Perangkat desa juga harus menyosialisasikan agar masyarakat bisa meramaikan kegiatan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt), Camat Terentang, Lilik Soeharto mengaku terhormat dengan penetapan Terentang sebagai lokasi pelaksanaan program Gala Desa.

“Saya berharap akan ada bibit-bibit unggul yang bisa dipromosikan di tingkat kabupaten, bahkan hingga di tingkat dunia. Seperti atlet juara dunia hapkido Devi Safitri asal Desa Sungai Ambangah, Kabupaten Kubu Raya,” ujar Lilik.

Bahkan, Lilik menambahkan, pihaknya kerap memotivasi warga untuk mengembangkan tidak saja potensi sumber daya alam desa, melainkan juga potensi sumber daya manusia khususnya dari cabang olahraga. Meskipun selama ini olahraga belum begitu dilirik oleh masyarakat.

“Nah, kita coba menggali potensi-potensi masyarakat melalui sumber daya manusia dari cabang olahraga. Mudah-mudahan kegiatan ini jadi motivasi tersendiri. Dan mudah-mudahan kepala desa memberi dukungan kepada warganya untuk mengikuti kegiatan ini,” harapnya.

Laporan: Achmad
Editor: Arifin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here