Hanya 27 SMP Terapkan UNBK

0
62
- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus

KubuRayaOnline.com – Meskipun tahun ini pemerintah pusat telah mewajibkan pemerintah daerah untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun belum semua sekolah di Kubu Raya dapat menerapkannya. Lantaran terkendala komputer yang belum dapat disiapkan oleh pihak sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Frans Randus mengakui, memang tahun ini belum semua sekolah di Kubu Raya, baik tingkat SD maupun SMP bisa menerapkan UNBK.

“Ya itu tadi kendalanya, komputer yang masih terbatas. Belum semua sekolah bisa menyiapkannya,” ungkap Frans Randus, Rabu (28/3).

Bahkan, Frans mengungkapkan, dari total 145 jumlah SMP/sederajat di Kubu Raya, yang baru bisa menerapkan UNBK tahun ini sekitar 20 persen atau 27 SMP.

“Tahun ini baru 27 SMP yang sudah bisa menerapkan UNBK, sedangkan selebihnya belum. Karena belum ada perlengkapan pendukungnya seperti komputer,” jelasnya.

Frans menegaskan, dalam menyiapkan perlengkapan komputer memang merupakan tanggungjawab pemerintah. Namun melihat keterbatasan anggaran yang ada maka peran serta dari sekolah maupun orangtua sangat diharapkan terkait pelaksanaan UNBK.

“Jika menggunakan dana BOS hanya dibolehkan membeli satu unit komputer setahun. Kalau 60 unit maka 60 tahun. Jadi harus bersama-sama kita berperan serta atasi kendala ini, sehingga peningkatan mutu pendidikan berkat usaha dan kerjasama semua pihak,” harapnya.

Laporan: Achmad
Editor: Anton

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here