ISPA di kubu Raya Sudah Mulai Muncul

0
64
Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya dr Berli Hamdani

KubuRayaOnline.com – KUBU RAYA- Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan, kasus Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sudah mulai muncul, menyusul semakin pekatnya kaut asap yang turut menyelimuti wilayah Kubu Raya akibat kebakaran Lahan.

“(ISPA) sudah ada,” ucapnya, Jumat (17/8) saat diwawancarai di Kantor Bupati Kubu Raya usai gelar upacara HUT RI ke 73.

Diungkapkannya, jumlah penderita ISPA sepanjang bulan Agustus ini yang tercatat di Dinas Kesehatan Kubu Raya sudah mencapai 132 kasus. Menurutnya, di Kubu Raya ada tiga kecamatan yang telah dikategorikan rawan terjadi peningkatan ISPA.

“Kecamatan Sungai Raya menjadi daerah yang rentan terjadi peningkatan Kasus ISPA. Sebab, kondisi kabut asap memang cukup pekat di rasakan diwilayah ini. Selain itu  Rasau, dan Ambawang juga rentan terjadi peningkatan ISPA untuk saat ini,” katanya.

Untuk antisipasi supaya potensi peningkatan penderita ISPA di musim kabut ini bisa dicegah maka, Dinas Kesehatan kata Berli sudah mencanangkan akan membagikan masker secara gratis dalam waktu dekat.

“Ada sekitar 870-an kotak masker, yang isinya satu kota 50 lembar itu, sudah siap kita bagikan dalam waktu dekat. Pembagian masker secara gratis ini sementara akan difokuskan di kecamatan yang dianggap rawan,” katanya.

Menurut Berli, pembagian masker secara gratis dari pemerintah tersebut hanyalah bersifat stimulan saja. Sebab, pemerintah juga punya anggaran terbatas untuk menyuplai kebutuhan masker di musim kabut asap ini.

Pemakaian masker kata Berli memang salah satu cara untuk mencegah terjadinya ISPA. Apalagi di musim ini, kabut asap semakin pekat. Karena itu, sebaiknya masyarakat yang beraktivitas diluar, memaki masker secara benar.

“Menggunakan masker ada aturannya. Pemasangan nya harus benar. Biasanya kalau ingin mencegah masuknya partikel debu, ke saluran pernafasan maka, masker harus dibalik. Bagian hijaunya di dalam,” teranya.

Selain itu, Berli juga menyarankan agar masyarakat memperbanyak konsumsi air putih, supaya cairan tubuh tetap terjaga di musim panas ini.

Laporan: Achmad
Editor: Arifin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here