Ketua PA Sungai Raya Kedepankan Penyelesaian Perkara Lewat Mediasi

Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Hj.Izzatun Tiyas , foto bersama usai memediasi perkara di PA Sungai Raya

Kuburayaonline.com – Penyelesaian perkara di pengadilan, termasuk Pengadilan Agama tidak hanya dapat dilakukan melalui litigasi (persidangan) dan putusan hakim, tetapi juga dapat diselesaikan melalui proses mediasi yang mengedepankan kesepakatan para pihak.

Menurut Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya pihaknya berusaha mengedepankan proses mediasi sebagai langkah penyelesaian pertama dan utama. “Jika proses mediasi tidak membuahkan hasil, baru kita proses melalui persidangan,” ujar Izzatun Tiyas di ruang kerjanya Selasa (06/08/2019).

Penyelesaian melalui mediasi, lanjut Izzatun Tiyas merupakan mekanisme yang sah dan diakui  berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Mahkamah Agung sebagai lembaga peradilan tertinggi telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan yang menjadi payung hukum penyelesaian melalui mediasi,“ jelas hakim yang mengawali karir hakimnya di Pengadilan Agama Sambas itu.

Di sisi lain, Izzatun Tiyas menjelaskan bahwa masyakarat pencari keadilan sangat diuntungkan dan dimudahkan dengan mekanisme penyelesaian mediasi. “Prosesnya lebih cepat, biayanya lebih murah, dan dapat memperbaiki hubungan para pihak yang bersengketa,” tegas Izzatun Tiyas. (SRFN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here