Kubu Raya Raih Segudang Prestasi

0
9
Bupati Kubu Raya Rusman Ali

KuburayaOnline.com – Pemerintah Kubu Raya yang dipimpin Rusman Ali-Hermanus yang telah memasukkan tahun ke-empat Kubu Raya, telah berhasil menorehkan berbagai prestasi bagi Kubu Raya.

Prestasi itu, Penghasilan, pemerintah yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kubu Raya menjadi yang tertinggi di Kabupaten Kalimantan Barat.

Sejalan dengan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Rusman Ali dan Hermanus dalam mempercepat pembangunan di Kubu Raya. Langkah awal Kubu Raya, Rusman Ali dan Hermanus fokus untuk membenahi birokrasi Kubu Raya.

Tidak hanya itu, pembangunan Infrastruktur dan jalan umum seperti sekolah dan puskesmas. Kemudahan layanan dengan membuat regulasi pengurusan yang mudah, cepat, transparan dan akuntabel. Bantuan sebagian besar di Kubu Raya di gratiskan dan dilimpahkan ke kecamatan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami dan Hermanus ingin menikmati pembangunan berjalan cepat dan lancar. Ijin-ijin mudah mudahkan, seperti ngurus ijin-ijin tertentu di Kecamatan. Hal ini untuk melukiskan, yang ada pada masyarakat, masyarakat yang melakukan inovasi-inovasi pelayanan ”ungkap Rusman Ali, kemarin.

Disamping itu, Rusman Ali bersama Hermanus juga sudah menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan poros di seluruh kecamatan se Kubu Raya, hingga tahun 2018 dari target, sudah mencapai 90 persen pembangunan infrastruktur jalan poros dan akan terus berlanjut hingga tuntas.

Rusman Ali dan Hermanus sadar betul bahwa Jalan Poros adalah sebagai urat nadi bagi ekonomi masyarakat, Hadis sejak awal Rusman Ali dan Hermanus menggenjot terus pembangunan jalan poros di Kubu Raya.

Rusman Ali dan Hermanus meningkatkan dan menuntaskan pembangunan lingkungan di Kubu Raya melalui program imbal swadaya yang sudah bergulir sejak tahun 2017 lalu.

“Membangun jalan poros, membentuk akses masyarakat menjadi terbuka dan mudah. Meski kami melakukan terobosan dengan program imbal swadaya, ini kami lakukan untuk mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan masyarakat Kubu Raya, ”terangnya.

Untuk mewujudkan pelayanan yang inovatif bagi masyarakat Kubu Raya, Rusman Ali dan Hermanus telah melakukan reformasi birokrasi dengan pembinaan terus menerus dan meningkatkan disiplin pegawai.

“Dulunya pada awal kami di Kubu Raya ini, birokrasi benar-benar masih sangat kacau. Pegawai masuk sesuka hati tanpa ada kontrol, pulang juga sesuka leher. Saya terkejut, dan saya berfikir, yang seperti itu terus bagaimana kita bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, ”katanya.

Dengan latar belakang tersebut dirinya dan Hermanus mengambil langkah, bahwa mau tidak mau, suka tidak suka, harus tingkatkan disiplin pegawai.

“Alhamdulillah sekarang sudah hampir 85 persen pegawai kita telah disiplin dengan baik, kita harus pertahankan ini,” tutur Rusman Ali.

Tak hanya itu, Bupati Rusman Ali menambahkan, semua berkat  kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, bekerjasama yang baik pemangku kepentingan yang bertugas di Kubu Raya.

“Kami selaku bupati didampingi wabup Hermanus menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada semua SKPD dan semua Masyarakat Kubu Raya,” ujar Rusman Ali.

Ditahun terakhir ini, ingin mewujudkan visi Kabupaten Kubu Raya untuk mewujudkan kabupaten Kubu Raya yang Maju, Harmonis dan Berbudaya serta Memiliki Daya Saing Tinggi.

“Alhamdulillah berbagai program yang disusun target yang telah ditetapkan, telah bisa direalisasikan. Insaalla kita akan menyelesaikan smeua program dalam RPJMD yang telah disetujui DPRD dalam bentuk perda,” tutur Rusman Ali.

Bersyukur, melakasanakan pemerintahan tentu juga dilakukan berbgai evaluasi, sebagai pertanggungjawaban kami pada masyarakat, sekaligus motivasi untuk berbuat kedepan.

Seperti yang diketahui sebelumnya, tanpa disadari ternyata pembangunan jalan poros yang dilakukan dinilai banyak pihak termasuk Kemenkumham sebagai salah satu langkah pemenuhan hak masyarakat, yang mengantarkan Kubu Raya menjadi Kabupaten peduli HAM dua tahun berturut-turut

”Alhamdulillah, empat tahun bisa mengelola keuangan aset dengan baik, dan meraih WTP sejak tahun pertama kepemimpinan kami dengan pak Hermanus,” katanya.

Berbagai prestasi sejak tahun pertama Kepemimpinan Rusman Ali Hermanus dimulai pada Investment Award (2014), WTP, Nomor Satu Sebagai Kabupaten dengan Penegmbangan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Kearifan Lokal dalam Otomi Award, Terbaik Pertama Pertumbuhan Ekonomi dalam Otonomi Award.

Penghargaan atas keberhasilan menurunkan kemiskinan menjadi urutan 3 terentdah di Kalimantan Barat, Penghargaan Atas Peningkatan IPM Kubu Raya, Terbaik Pertama Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Barat, Kabupaten Terbaik Nasional dalam kategori Standar Kepatuhan Pelayanan Publik dari Ombusdman RI.

Tiga Besar Kabupaten Peduli HAM, Lima Besar Nasional Lomba Tanaman Obat Keluarga,  Lima Besar Lomba Bina Keluarga Balita tingkat Nasional dan PGRI Award, Juara Umum MTQ Provinsi Kalimantan Barat(2015).

Sedangkan 2016 Kubu Raya mencatatkan namanya sebagai Kabupaten terbaik Nasional Standar Pelayanan Publik dari Ombusdman RI dua tahun berturut-turut, Terbaik Nasional sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham dua tahun berturut-turut.

Terbaik Nasional Pencegahan dan Penanggulangan KARHUTLA dari Kementerian Dalam Negeri, Mendapatkan Kategori Madia dalam Anugrah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPA, Kabupaten Terbaik Nasioanl kabupaten Potensial dalam Indonesia’s Attraktivenes Award oleh Majalah Tempo, Peringkat Tiga Tata Kelola Keuangan DIPA, Bhakti Yudha Brama Jaya dari Kementerian LH, WTP, Marketeer Of The Year, Penghargaan Pembina Perusahaan Terbaik di Kalimantan Barat.

Selain itu, kabupaten Kubu Raya juga mencatatkan sebagai satu-satunya kabupaten dari Kalimantan Barat yang mendapat serifikat ISO-8001 Atas penelayanan dan pendataan kependudukan terbaik di Indonesia sejak tahun 2015.

“Hal tersebut didorong oleh pelayanan ke desa, baik pelayanan e-KTP, KK dan akte lahir yang dipimpin langsung oleh Bupati Kubu Raya. Saat ini data kependudukan Kubu Raya sudah mencapai 96% tuntas berkat layanan tersebut, ”pungkasnya. (*)

Penulis: Arief

Editor: Achmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here