Mau Dapat BLT UMKM 2,4 Juta? Ini Harus Lengkap

Kuburayaonline.com – Pemerintah telah meluncurkan beberapa bantuan untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar bisa kembali berusaha ditengah pandemi covid-19.

Salah satu bantuannya yaitu Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan sebesar Rp. 2,4 Juta per pelaku usaha mikro.

Bantuan ini bisa didapatkan dnegan mendaftarkan diri atau mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten/Kota masing-masing.

Sementara itu, situs resmi Kementaerian Koperasi dan UKM Selasa (15/9/2020), para calon penerima aharus melengkapi data-data persyaratannya kepada pengusul dengan membawa berkas seperti, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap beserta Kartu Tanda Penduduk (KTP-el), Alamat Tempat Tinggal, Bidang Usaha dan Nomor Telepon.

Bantuan tersebut akan diberikan dengan cara hibah alias gratis alias tidak membutuhkan biaya administrasi sama sekali. Walaupun begitu, bantuan ini tidak diberikan ke pelaku usaha mikro secara sembarangan.

Hanya pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat yang layak mendapatkan bantuan tersebut. persyaratan yang harus dilengkapi oleh pelaku usaha mikro antara lain: Pengusaha yang tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, Pelaku Usaha Merupakan Warga Negara Indonesia, Memiliki NIK, Memiliki Usaha Mikro yang dilengkapi dengan surat usulan dari pengusul, Bukan Anggota TNI/Polri, ataupun pegawai BUMN, serta meminta Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Desa saat mendaftar di Dinas Kabupaten/Kota setempat.

Penulis: Achmad

Editor : Surif

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here