Optimis, 2020 Sebanyak 50 Persen Sekolah Laksanakan UNBK

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrwan yang di dampingi Kabid Pembinaan SMP Syf Moh Firdaus saat meninjau UNBK beberapa hari lalu

KuburayaOnline.com– Pemerintah Kubu Raya menargetkan 50/100 persen sekolah melaksanakan UNBK, hal tersebut ditegaskan Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Disdik dan Kebudayaan Kubu Raya Syf Moh Firdaus dan mengatakan optimis, tahun 2020 akan ditingkatkan menjadi 50 pesen sekolah melaksanakan UNBK, Kamis(9/5) siang.

“Kita sudah melakukan penghitungan, terkait kebutuhan UNBK, dimulai dari perangkat, seperti computer, jaringan internet dan listrik,”ungkap Firdaus.

Firdaus menambahkan kebutuhan tersebut, nantinya akan kami usulkan kepemrintah daerah melalui anggara Dipa, agar target 50 persen sekolah melaksanakan UNBK diwujudkan.

“ Termasuk membantu perangkat computer dan lain sebagainya. Ini juga bagian dari program Bupati Kubu Raya, terutama untuk menghitung anggaran yang akan dibutuhkannya,”katanya.

Dia menambahkan, pihaknya belum yakin terhadap UNBK 100 persen, karena melihat anggaranya terbatas. Tetapi jika ada dukungan dari pihak lain, tentu akan optimis.

“Untuk 100 persen, kita lakukan bertahap. Tapi kalau untuk 50 persen sekolah melaksanakan UNBK di tahun 2020, kami yakin bisa. Saat ini sekolah SMP/ Sederajat di Kubu Raya sekitar 226 sekolah, sedangkan yang UNBK baru 52. Jadi kalau target kita 50 persen, sekitar 113 sekolah yang akan UNBK di tahun 2020.  ”katanya.

Disinggung banyak sekolah di bawah naungan Depag, Firdaus menambahkan, pihaknya masih mengkaji regulasinya dan akan mengadakan pertemuan dengan dengan pihak Depag.

“Kalau depag sanggup memberikan bantuan, insaallah tidak akan menggu lama akan 100 persen. Tapi kalau tak bisa, kita tetap bertahap. Meskipun beberapa sekolah masih di bawah depag, tetapi masih tanggungjawab Kubu Raya dan nantinya setelah lulus mereka tetap kembali ke desa masing-masing,”katanya.

Sebelumnya Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, di era digital ini, tentunya tenaga pendidik lebih mudah mengakses semua informasi versi 4.0 yang begitu cepat. Termasuk dalam pelaksnaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Tahu 2020, kita targetkan lebih dari 50 persen sekolah menyelenggarakan UNBK, dan terus ditingkatkan hingga 100 persen UNBK,”katanya

Makanya Muda meningkatkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) untuk pendidikan yang dalam 4 tahun terakhir mengalami penurunan. “Ini sebagai langkah agar APBD kita naik lagi sesuai dengan komitmen Undang-undang,hingga 20 persen, sehingga bisa membantu untuk mengembangkan dunia pendidikan, seperti perlengkapan UNBK,” paparnya.(Saf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here