PDAM Kubu Raya Tambah Kapasitas

Direktur PDAM Kubu Raya Mula Putra

Kuburayaonline.com – Direktur Perumda Air Minum Tirta Raya Mula Putra mengungkapkan kondisi pelayanan teknis di Kubu Raya saat ini baru 17 persen. Tertinggal sangat jauh dengan rencana jangka menengah pemerintah secara nasional, di mana cakupan pelayanan air seharusnya 100 persen.

“Bayangkan betapa tertinggal jauhnya Kubu Raya yang hanya 17 persen,” ucapnya, Selasa.

Mula menyebut cakupan jaringan sangat bisa dikembangkan. Yang menjadi masalah, menurut dia, adalah Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang sangat kurang. Kapasitas terpasang yang sekarang aktif hanya 210 liter/detik.

“Idealnya kalau kita mau mencakup 40 persen saja paling tidak kita harus punya IPA kurang lebih 1.000 liter/detik,” jelasnya.

Namun, ia menyatakan mulai 2020 mendatang Kubu Raya telah mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk 300 liter/detik.

“Jadi 200 liter/detiknya dialokasikan di daerah Arang Limbung untuk pelayanan daerah Sungai Raya Dalam dan sekitarnya. Dan 100 liter/detiknya di Arang Limbung. Alhamdulillah ini bisa mengcover untuk sekitar 21 ribu pelanggan,” katanya.

Dengan bantuan pemerintah pusat pula, lanjut Mula, Perumda Tirta Raya akan bisa meningkatkan pelayanan air dan naik kelas. Selama ini, ungkapnya, kelas PDAM Kubu Raya berkategori di bawah 30 ribu pelanggan sehingga hanya dipimpin satu direktur.

“Insya Allah misalnya dengan percepatan penambahan pelanggan kita targetkan mungkin dalam dua tahun ini kelas kita bisa naik. Bisa mencapai 30 ribuan lebih pelanggan dan direksinya bisa menjadi tiga orang, yakni direktur utama, direktur teknik, dan direktur umum dan keuangan,” paparnya.

Mula mengaku optimistis akan masa depan Perumda Air Minum Tirta Raya Kubu Raya. Maka audit kinerja yang sehat menjadi target kerja pertamanya.

“Kita hanya perlu tambahan sedikit poin lagi untuk mencapai kategori kinerja sehat. Sebab yang sekarang ini pointnya 2,6 tapi kalau 2,8 maka akan bisa sehat,” jelasnya. (Srfn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here