Bank Dunia Ikut Bantu Pemkab KKR Atasi Stunting

0
48
Plt Sekda Kubu Raya, Oedang Prasetyo

KubuRayaOnline.com – Kasus Stunting terus menjadi perhatian pemerintah. Bahkan Dunia ikut menyoroti, termasuk kasus stunting di Kubu Raya.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kubu Raya, Odang Prasetyo mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mendapat bantuan dari bank dunia terkait penanganannya. “Jadi untuk penanganan stunting di Kubu Raya ini, kita juga di-back up oleh World Bank. Secara teknis (bantuan) data lengkapnya ada dinas kesehatan,” tuturnya, Rabu (4/4).

Menurutnya, bantuan yang diberikan tidak hanya bersifat materi. Tetapi, ada pula tenaga teknis yang dikirim oleh pihak bank dunia untuk diperbantukan dalam menangani persoalan ini.

“Ada pegawai LO dari World Bank yang diturunkan ke Kubu Raya untuk membantu melakukan pendampingan. Karena itu, kami tentu sangat berterima kasih,” ucapnya.

Odang menambahkan, isu stunting kini sudah menjadi isu nasional. Pemerintah pusat sangat konsen untuk menekan angka kasus stunting di negeri ini. Sebab itu, sejumlah instasi yang ada di Pemerintah Daerah  dilibatkan dalam melakukan penanganan sekaligus pencegahan. Agar jumlahnya tidak bertambah.

“Instansi yang dilibatkan dalam diantaranya Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda dan Dinas Kesehatan. Leading sector-nya tetap di Dinas Kesehatan,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan, dan Peternakan, Elfizar Edrus menjelaskan, pihaknya lebih kepada menjalankan program pemenuhan gizi ke masyarakat. “Jadi kita lebih ke gizi. Satu diantara program pencegahan stunting yang ada di Dinas KP3, yakni program Kawasan Rumah Pangan lestari (KRPL). Untuk mendapatkan program tersebut, masyarakat bisa mengajukan langsung ke pihaknya, melalui pihak Kecamatan,” paparnya.

Tahun ini, lanjut dia, ada lima kecamatan yang mendapat program KRPL. Diantaranya, Kecamatan Batu Ampar, Rasau Jaya, Kakap, Terentang, dan Teluk Pakedai.

“Pemberian program KRPL ke lima kecamatan tersebut berdasarkan usulan permohonan,” jelasnya.

Laporan: Achmad
Editor: Anton

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here