Penanganan Kasus TBC Harus Lebih Serius

0
93
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus

KubuRayaOnline.com – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan, permasalahan kesehatan yang dihadapi di Indonesia cukup beragam termasuk di Kubu Raya. Karena itu diakui olehnya pihaknya sangat mendukung Rakerkesda yang bertemakan mewujudkan Universal Health Coverage melalui percepatan eliminasi tuberkolosis, penurunan Stunting dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi.

“Melalui rakerkesda ini menjadi momen penting untuk mempersiapkan Agenda yang pas untuk 3 isu di tahun 2019,” katanya.

Dia menambahkan, untuk masalah tuberkolosis diakuinya terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan kasus TBC yang lebih serius. Terutama pada kasus yang belum terdeteksi yang ada di kabupaten Kubu Raya.

” Serta pemberdayaan masyarakat melalui kader kesehatan dalam penanggulangan TBC, perluasan penemuan kasus pada kelompok berisiko seperti warga yang berada di lingkungan kumuh, pabrik, binaan lapas serta tempat lain yang berpotensi penularan kasus TBC,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Hermanus, untuk kasus Stunting atau masalah gizi buruk diakuinya memang dapat disebabkan banyak faktor. Tidak hanya kurangnya asupan gizi, termasuk pula menurutnya faktor lingkungan, ekonomi, pendidikan, infrastruktur dan budaya.

“Melalui dinas kesehatan kita berupaya dengan melakukan intervensi spesifik gizi pada remaja, ibu hamil dan bayi. Serta intervensi sensitif gizi seperti peningkatan ekonomi keluarga, program akses air bersih, dan sanitasi, kemudian akses pendidikan serta pembangunan infrastruktur,” lanjutnya.

 

Laporan: Achmad
Editor: Anton

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here