Pencapaian Pajak Daerah Melebihi Target

0
11
Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Retribusi Derah : Supriaji
Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Retribusi Derah : Supriaji

KuburayaOnline.com– Untuk pajak pendapatan asli daerah, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kubu Raya, sampai semester kedua pencapaiannya sekitar Rp 118.307 miliar. Sedangkan  targetnya dalam Pendapat Asli Daerah (PAD) Rp 136,496 miliar lebih.

“Sedangkan pajak daerah, sekitar Rp 96,460 miliar dan sudah realisasi mencapai 92.848 miliar. Susanya Rp 2,601 miliar,”ungkap Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kubu Raya, Supriaji, Minggu(9/9)siang.

Namun, beberapa pencapaian item pajak yang sudah melewati target, diantaranya masih sangat minim. Seperti pajak air dan bangunan sarang burung walet.

Supriaji mengungkapkan untuk pajak yang belum maksimal, pihaknya akan melakukan penataan ulang dalam penagihannya.

“Kami akan turun lapangan yang jelas. Untuk mendorong perolehan pajak terhadap air dan sarang burung walet, karena tidak tidak melampaui target,” katanya.

Menurutnya, untuk pencapaian terhadap sejumlah item tersebut. Hanya tinggal meningkatkan pola dalam penyerapan pajak. Khususnya dua item yaitu pajak air dan sarang burung walet.

“Kalau yang lainnya sudah sangat memenuhi target. Yang paling tercapai adalah Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan BPHTB,” ujarnya.

Pencapaiannya sudah melampaui target bahkan mencapai target, sehingga kedepannya akan dilakukan penyesuaian. Prosentasi pencapaiannya mencapai 97 persen. Begitu juga pajak daerah ditargetkan Rp 92 miliar semester kedua sudah terlampaui.

“Semester pertama pencapaiannya Rp 54 miliar atau prosentasi sebesar 69,9 persen hampir 70 persen dan di tambah dengan semester ke dua dengan total mencapai 97 persen. Jadi kita memang belum sepenuhnya tercapai dan kita masih akan upayakan terus menerus untuk peningkatannya,” jelas Supriaji.

Ia memparkan untuk yang belum tercapai akan melakukan terobosan guna menggenjot lagi. Baik dari penataan dan penagihan ke lapangan. Namun secara keseluruhan dari mulai semester pertama dan kedua sudah melampaui target.

“Kami akan melakukan penataan kembali, terutama keberadaan sarang burung walet. Selama ini sarang burung walet yang beda di Kubu Raya, milik orang luar. Namun di jaga warga sekitar,”ucapnya.

Penulis:Achmad

Editor: Reandy

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here