Perusahaan Wajib Salurkan CSR Khusus Covid-19

Kepla Dinas UMKM Norasari menerima CRS khusus Covid dari grup PT Sumatera Unggul Makmur, PT Graha Agro Nusantara, dan PT Putra Lirik Donas di kantor Dinas Koperasi Kubu Raya

KuburayaOnline.com – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak berbagai perusahaan di Kabupaten Kubu Raya ikut berperan aktif dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 atau virus Corona.

Hal ini mengingat cukup banyak perusahaan dari berbagai bidang yang beroperasi di wilayah Kubu Raya. Keterlibatan tersebut, menurut Muda Mahendrawan, dapat dilakukan melalui penyaluran bantuan lewat program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) khusus Covid-19.

“Kami sudah membuat surat edaran sekaligus imbauan agar perusahaan mengeluarkan CSR-nya, khusus untuk Covid-19 ini,” kata Muda Mahendrawan di kantor bupati, Selasa (21/4).

Terkait hal itu, Muda juga meminta data dari dinas terkait tentang perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Kubu Raya dan sudah menyalurkan bantuan CSR khusus Covid-19. Khususnya bantuan terhadap warga di sekitar lokasi perusahaan.

“Seperti pemberian sembako, desinfektan, APD, dan lain sebagainya terutama untuk warga di lingkungan perusahaan. Jadi kita tunggu laporan-laporannya,” ujarnya.

Muda menyatakan pemberian bantuan melalui program CSR adalah sebuah keharusan. Sebagai satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di wilayah kerjanya. Terlebih menjelang tibanya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, yang kali ini terasa berat karena adanya wabah Covid-19.

“Ya sejatinya wajib, nama CSR itu, cuma cara penyalurannya berbeda-beda. Apakah berupa sembako atau bentuk lainnya. Ini nanti akan kami minta laporan dan bukti-bukti penyalurannya,” ia menegaskan.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya Elfizar Edrus mengatakan, saat ini terdapat 28 perusahaan perkebunan di Kabupaten Kubu Raya. Secara umum perusahaan-perusahaan tersebut telah melaksanakan program CSR.

“Namun untuk CSR khusus Covid-19 ini, perusahaan mempunyai jadwal masing-masing. Ada yang sudah melaksanakannya dan ada yang masih belum,” ungkap Elfizar.

Ia menambahkan, hingga kini ada belasan perusahaan perkebunan yang sudah melaksanakan CSR khusus Covid. Perusahaan-perusahaan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Kubu Raya. Namun ada pula perusahaan yang pelaksanaan CSR-nya akan menyusul karena menyesuaikan dengan agenda yang telah disusun perusahaan.

“CSR khusus Covid-19 ini bermacam-macam kegiatanya. Ada pembagian sembako, tong air, alat- alat desinfektan, dan sebagainya. Penyaluran CRS ini akan terus berlangsung,” ucapnya.

Elfizar mengatakan pihaknya terus mengingatkan perusahaan agar ikut andil dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya. Selain menyampaikan surat edaran bupati, juga berkomunikasi langsung dengan pihak perusahaan.

“Edaran Bupati terus kita jalankan. Terutama menyosialisasikan dan terus mengingatkan pihak perusahaan untuk ikut melakukan pencegahan,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, Norasari Arani, mengapresiasi sejumlah perusahaan yang telah menitipkan bantuan untuk masyarakat kepada dinasnya. Nora mengatakan bantuan akan langsung diteruskan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dalam hal ini mewakili Bapak Bupati Muda Mahendrawan, kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang telah diberikan,” kata Norasari menerima csr berupa beras dari grup PT Sumatera Unggul Makmur, PT Graha Agro Nusantara, dan PT Putra Lirik Donas di kantor Dinas Koperasi Kubu Raya, Selasa (21/4).

Ia menjelaskan, bantuan akan didistribukan sesuai data penduduk yang dimiliki pemerintah kabupaten. Dirinya mengungkapkan pemerintah kabupaten telah melakukan pendataan di berbagai klaster. Salah satu contohnya seperti UMKM yang terdampak.

“Datanya sudah masuk ke kita. Kami akan salurkan sesuai data tersebut,” katanya.
Ia melanjutkan, bantuan juga disalurkan kepada masyarakat secara individu dan lembaga-lembaga seperti panti asuhan.

Regional Head Kalimantan grup perusahaan tersebut, In Hoat, mengatakan bantuan berupa beras merupakan bentuk kepedulian pihaknya dalam membantu meringankan beban masyarakat di situasi pandemi Covid-19.

“Ini adalah bagian dari bentuk kepedulian dari kami terhadap masyarakat khususnya di Kubu Raya yang memang terdampak langsung dengan situasi pandemi ini,” kata In Hoat.

Hal senada diungkapkan Legal Manager perusahaan, Fauzan Abdi, yang berterima kasih kepada Bupati Kubu Raya yang telah memfasilitasi pendistribusian bantuan kepada masyarakat.

Fauzan menerangkan bantuan sengaja diserahkan lewat pemerintah kabupaten agar dapat didistribusikan dengan tepat dan cepat sesuai data yang ada. Dia mengungkapkan setelah bantuan disalurkan, grup perusahaan juga akan membantu masyarakat di 20 desa yang berada di tiga kecamatan yakni Sungai Ambawang, Sungai Raya, dan Rasau Jaya.

“Nantinya kami akan memberikan bantuan berupa sembako secara langsung lewat kepala-kepala desa yang kemudian dibagikan kepada masyarakat,” katanya.(Saf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here