Potensi Wisata Pantai Tengkuyung Kubu Raya

0
569
Pantai Tengkuyung

KubuRayaOnline.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berkomitmen membangun potensi pariwisata yang ada. Salah satunya dengan membangun pantai tengkuyung yang berada di daerah Teluk Pakedai.

Kini dermaga di pantai tengkuyung pun telah dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2017 sebesar Rp2,8 Milyar.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kubu Raya, Cisilia Tri Agustina  mengatakan potensi destinasi wisata pantai tengkuyung tersebut telah lama di dambakan masyarakat, agar menjadi salah satu tempat wisata. Termasuk pembangunan dermaga di sana, sebagai akses utama. Bahkan sejak orde baru kata dia, rencana pembangunan dermaga dia kawasan pantai tengkuyung telah ada.

“Namun hal itu baru bisa terwujud setelah pemerintahan bapak Rusman Ali. Dan masyarakat sekarang sudah bisa menikmati dermaga tersebut sekaligus  menjadikannya tempat wisata baru,” kata Sisilia, Selasa (9/1) kemarin.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya ini pun menegaskan akan terus melakukan pengembangan pantai tengkuyung, sebagai destinasi wisata baru di Kubu Raya.

Dia meyakini, pantai tengkuyung akan menjadi tempat wisata yang menawarkan banyak keindahan, dan tak kalah dengan tempat lain. “di 2019 itu kami dijanjikan dari pusat untuk mengembangkan ini (pantai lebih lanjut,” katanya.

Kepala Bidang Pariwisata Iping Indrawati menambahkan, potensi wisata di Pantai Tengkuyung Teluk Pakedai memang telah menjadi prioritas untuk di kembangkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kedepan.

Dia menjelaskan, panjang pantai tengkuyung tersebut terbentang sepanjang 17 kilo meter. Pemandangan alam disanapun sangat menarik. Selain itu, habitat tengkuyung yang berkembang biak di sana terhampar di permukaan pantai, sehingga hal itu pula lah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Hanya saja, kata dia untuk melakukan pengembangan wisata di pantai Tengkuyung, tentu mesti dilakukan dengan cara bertahap. Pasalnya, anggaran untuk melakukan pembangunan juga sangat terbatas.

Selain itu kata Iping, masih ada beberapa potensi wisata di Kubu Raya yang kedepan juga akan di kembangkan. Seperti misalnya, eko Wisata Mangrove dan wisata religi. ”Untuk wisata religi, yaitu keleteng di tengah laut yang ada di kakap. Ini juga akan kita kembangkan,” ucapnya.

Sementara pengembangan eko wisata mangrove, pemerintah kabupaten akan bekerjasama dengan sejumlah NGO. “Saat ini ada beberapa NGO yang sudah bekerjasama dengan kita dalam melakukan pengembangan wisata mangrove di bentang pesisir Batu Ampar,” pungkasnya.

Laporan: Surif
Editor: Riandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here