Rusman Ali Rayakan Ultah Vihara 117 tahun

Kubu Raya Online – Bupati Kubu Raya Rusman Ali menghadiri acara puncak HUT Vihara Tri Dharma Hiang Thian Siang Tie ke 117 di Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kamis (30/3)

Vihara ini telah berusia 117 tahun ini merupakan bukti dari sejarah yang dilestarikan masyarakat dan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten ini.

“Ini harus menjadi motibasi bagi masyarakat kita agar senantiasa menjaga segala kekayaan budaya dan tempat-tempat auci serta bersejarah yang ada di daerah kita ini. Hari ini 117 tahun yang lalau, vihara ini telah menjadi pusat kegiatan kerohanian masyarakat tionghua yang ada si Sungai Kakap ini,” ujar Rusman Ali.

Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat Sungai Kakap khususnya dan Kubu Raya umumnya agar dapat terus menjaga dan melestarikan rumah ibadah ini karena merupakan warisan budaya yang sangat bersejarah. Demikian dikemukakan Bupati Rusman Ali  saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Vihara Tri Dharma Hian ThianSiang Tie di Sungai Kakap.

“Ini adalah warisan kekayaan budaya kita,  Yang kita harus jaga. Kubu Raya ini adalah daerah yang majemuk. Daerah yang kaya dengan berbagai nilai-nilai kebudayaan, nilai-nilai kesenian adat istiadat serta nilai kerohanian yang berbeda-berbeda, namun tetap harmonis seperti saat ini. Ini harus terus kita pertahankan,” terang Rusman Ali.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Rusman Ali peristiwa sakral ini merupakan momentum yang tepat untuk memberi contoh kepada putra-putri daerah agar senantiasa menjaga serta memelihara kekayaan budaya daerah. Rusman Ali juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar saling menghormati  serta tetap menjaga kerukunan antar umat beragama agar tetap terpeliharanya keharmonisan daerah ini.

“Disinilah kita penting untuk selalu dan senantiasa saling menghormati satu sama lain. Saling mendukung dan saling menghargai, sehingga hidup menjadi harmonis, aman dan damai. Apabila aman, damai dan harmonis kegiatan ekonomi masyarakat juga akan bertumbuh, sebab kita semua akan dapat beraktifitas dengan tenang,” harap Rusman Ali. (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here