Tak Pakai Helm, Pelanggar Lalin Ditilang Polisi

Petugas kepolisian yang menghentikan pengendara yang tidak menggunakan helm

KuburayaOnline.com– Polisi lalu lintas tidak bisa menghindari perdebatan dari pengendara yang melakukan pelanggaran berlalu lintas, terutama pengendara yang tidak mengggunakan helm dan melawan arus.

polisian melakukan razia dengan cara humasi

Seperti razia di jalan Arteri Supadio, terlihat seorang pemuda mengendarai kendaraan tanpa menggunakan helm. Pemuda tersebut memperlihatkani rasa tak bersalah di hadapan polisi dan sempat tidak menghiraukan nasehat petugas.  Dia dihentikan karena kedapatan mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm dan melawan arus.

“Pemuda itu tak menggunakan helm. Bahkan melawan saat untuk ditilang. Alasan dekat ,” ujar Kasat Lantas Polres Kubu Raya AKP Fauzan, Kamis siang.

Tak hanya itu, saat ditanya dan dimintai surat-surat kendaraannya, pemuda tersebut malah menghindar dan menjauhi polisi yang bertugas. Kala iti, kata Fauzan, dia sambil ngomel menunjukkan sikap tidak mau ditilang. “Bahkan, sempat terjadi cekcok antara petugas dan pemuda itu,” ujarnya.

polisi melakukan razia di Jalan Ayani II Kubu Raya

Namun anggota Satlantas, sambung Fauzan, tetap profesional dalam melaksanakan tugas. Serta mengedepankan sifat humanis sebagai pelayan masyarakat. “Pemuda ini akhirnya mau ditilang setelah kami lakukan pendekatan humanis,” tutur Fauzan.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas dalam berkendara masih rendah. Salah satu yang sering dilanggar di bidang lalu lintas, adalah tidak menggunakan helm saat berkendara. “Ini sudah menjadi penyakit masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan kelengkapan berkendara ini dalam rangka kegiatan razia kendaraan bermotor bersama Subdit Gakkum Polda Kalbar di Jalan Arteri Supadio.

“Oerasi kali ini, kita menyasar tujuh prioritas pelanggaran. Diantaranya yang melawan arus dan tidak menggunakan helm serta anak di bawah umur membawa kendaraan,” tutupnya.(Sar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here