Tanggapi Pernyataan Kapolri

Ilustrasi. (net)

KubuRayaOnline.com – Ketua LSM LPPD Kubu Raya, Dede Junaidi mengatakan ada dasarnya sangat setuju dengan pernyataan kapolri tempo lalu, bahwa organisasi NU dan Muhammadiyah merupakan organisasi yang  paling punya peranan dalam membangun NKRI.

Akan tetapi dengan perkembangan zaman dari kehidupan berdemokrasi, perkembangan organisasi tidak bisa dielakkan.

“Selama organisasi yang  ada sesuai dengan aturan perundang-undangan dalam keorganisasian, saya rasa tidak ada masalah,” kada Dede.

Menurutnya di Indonesia sudah ada beberapa organisasi yang harus bubar atau dibubarkan lantaran memang tidak sejalan dengan undangan. Baru-baru ini adalah HTI.

“Jadi memang dalam penegakan hukum paling utama adalah penegakan aturan dalam berorganisasi. Karena tidak menutup kemungkinan anggota organisasi lain yang notabene organisasi Islam, mereka orang NU dan Muhammadiyah,” terangnya.

Ia menambahkan justru keberadaan organisasi lain, akan menambah keberagaman dalam berorganisasi serta membantu pemerintah dalam membangun negara dari semua hal.

“Nah disinilah peran pemerintah atau penegak hukum melakukan pengawasan. Setiap organisasi harus berlandaskan pada UU ormas. Jika tidak, kewajiban penegak hukum untuk mengambil tindakan,” pungkasnya.

Laporan: Anton
Editor: Riandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here