VIDEO. Ujang Sukandar Ikut Berlumpur Bersama Masyarakat

KubuRayaOnline.com Ujang Sukandar, wakil rakyat Provinsi Kalbar ini dikenal sangat dekat dengan masyarakat. Terutama para petani di daerah Kubu Raya dan Mempawah.

Politisi PAN ini tidak sungkan-sungkan berlumpur dan membaur bersama para petani saat menanam padi di Desa Sungai Itik, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, kemarin.

“Saat ini saya sedang menanam padi bersama petani yang tergabung di kelompok GAPOKTAN Trigas Bersatu Desa Sungai Itik. Sekaligus saya melihat kondisi real pasca banjir di lokasi sawah mereka. Karena sebelumnya lahan sawah petani ini sering dilanda banjir sehingga banyak tanaman yang rusak bahkan gagal panen,” kata Ujang Sukandar.

Diakui Ujang saat ini petani padi yang ada di Desa Sungai Itik sudah bisa tiga kali panen dalam setahun. Namun  karena lokasi tanah sawah sangat rendah dan  saluran airnya sudah banyak yang sumbat, membuat sawah petani sering terendam air yang cukup lama.

Untuk itu, Ujang menyampaikan pesan para petani, agar pemerintah daerah membangun tanggul banjir di wilayah tersebut. “Kita akan mengusulkan pada dinas terkait, baik ke Pemprov Kalbar maupun Pemda Kubu Raya agar petani tidak gagal terus panennya,  karen lahannya kebanjiran,” pinta Ujang.

Apalagi kata Ujang, informasi dari PPL, memang  untuk menanggulangi banjir yang sering melanda kawasan persawahan Sungai Itik selama ini, perlu dibangun pintu air di Parit Habibah Darat dan Pintu air patok  O  Desa Parit Keladi.

Selain Itu juga perlu adanya normalisasi saluran di areal sawah. Sehingga begitu debit air meningkat maka air akan segera bisa keluar dan tidak menggenangi areal persawahan.

Laporan: Achmad
Editor: Riandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here