Ujian SMK Masih Libatkan Kubu Raya

Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) di;aksanakan di Kubu Raya

Kubu Raya Online– Meskipun menuai kontro persi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) untuk hari pertama melibatkan Kubu Raya, Senin (3/4). Pelaksanaan UNKP dilaksanakan selama sepekan.
Untuk minggu depannya, tanggal 10 April pelaksanaan UNKP untuk siswa SMA/MA. UNKP untuk SMK diikuti 14 sekolah, dengan siswa 585, sedangkan SMA sebanyak 36 sekolah dengan 2.444 dan MA sebanyak 37 sekolah dengan 1.181 siswa se Kabupaten Kubu Raya.
Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama(SMP) Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kubu Raya, Firdaus Alqadrie mengatakan kewenangan secara keseluruhan terhadap SMA/SMK/MA sudah pindah terhadap provinsi. Sementara kabupaten hanya turut mendampingi saja, karena berada di wilayah kerja kabupaten.
“Dalam pelaksanaan UN SMA/SMK itu sudah menjadi kewenangan provinsi. Namun konsekwensinya, UU nomor 23 Dikmen dengan kewenangan propinsi masih meninggalkan banyak persoalan. Terbukti, meski saat rapat koordinasi dalam distribusi soal seharusnya dari provinsi langsung ke sekolah-sekolah. Tapi ternyata, dalam prakteknya akhirnya karena memang jangkauan sekolah terlalu jauh, pihak provinsi harus bekerjasama dengan kita,” katanya.
Firdaus mengungkapkan alur dalam pendistribusian soal UNKP. Dimana provinsi mensuplai soal ke rayon dan pada hari yang sama dikirimkan ke sub rayon serta menitipkannya ke polsek untuk pelaksanaan didistribusikan esok harinya ke sekolah penyelenggara.
“Pendistribusian ini, dari provinsi dilaksanakan pada hari yang sama. Setelah ke sub rayon baru ke polsek-polsek terdekat untuk dibagikan esok harinya dalam pelaksanaan ujian nasional,” ungkapnya.
Hal ini, lanjutnya juga berlaku dalam alur balik ketika pengembalian Lembar Jawaban ujian Nasional. Dalam prosesnya, secara keseluruhan munculnya kebijakan baru pengalihan kewenangan ke provinsi masih harus melibatkan kabupaten untuk mendampingi.
“Pada dasanya, kita selalu siap dan tidak menutup mata dalam melakukan pendampingan karena, kita sadar betul bahwa ini semuanya anak-anak kita dan berada di wilayah kita. Jadi secara tidak langsung ini merupakan tanggung jawab kami juga,” pungkasnya.
Dalam penyenggara ujian nasional sekolah tingkat SMK, Polsek Sungai Raya, menerima sejumlah soal untuk 5 sekolah SMK se-Kecamatan Sungai Raya.
Kapolsek Sungai Raya, AKP Haryanto melalui, Panit Binmas Polsek Sungai Raya Ipda Sukusno mengatakan penitipan soal sudah diterima Polsek Sungai Raya sejak hari ini. Dalam pelaksanaan ujian nasional SMK.
“Kita sudah menerima titipan soal ini untuk 5 sekolah se-Kecamatan Sungai Raya. Semuanya dalam pendistribusian dilakukan pengawalan oleh petugas,” katanya.
Penitipan soal UN, bertujuan untuk pengamanan. Sehingga petugas keamanan dilibatkan demi memberikan kerahasiaan naskah soal UN.
“Karena ini merupakan dokumen negara, makanya kita siap amankan hingga sampai untuk pelaksanaan ujian nasional,” pungkasnya. (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here